Ruwat Rigen

Ruwat Rigen

Masyarakat di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar “ruwat rigen” dan gelar budaya Kledung dengan harapan panen tembakau lebih baik.

Ruwat rigen dilaksankan di “rest area” Kledung ini ditandai dengan percikan air dari Sendang Kamulyan di Desa Kledung oleh Bupati Temanggung, pada sebuah rigen (lembaran dari anyaman bambu untuk menjemur tembakau).

Ritual ruwatan diawali dengan pengambilan air dari Sendang Kamulyan kemudian diarak ke lokasi ruwatan diiringi grup kesenian dan perwakilan masyarakat dari 13 desa di Kecamatan Kledung masing-masing membawa satu rigen. Setelah ritual ruwatan selesai dilanjutkan pentas kesenian dari masing-masing desa.

maksud dilaksanakan ruwat rigen dan gelar budaya Kledung sebagai dukungan pemerintah Kabupaten Temanggung kepada petani tembakau untuk menanam tembakau mengingat 14 kecamatan dari 20 kecamatan di Temanggung merupakan penghasil tembakau.

Selain itu, katanya, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi dan kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Kegiatan ini juga sebagai upaya pemanfaatan “rest area” Kledung yang diharapkan menjadi titik pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kledung khususnya dan Kabupaten Temanggung pada umumnya.

 

Leave a Reply

Close Menu